Pentingnya Imunisasi IPD  

Posted by Toko Bunda Rafka

Vaksin Hib dan IPD adalah dua hal yang berbeda. Vaksin HiB (Haemophilus Influenza B) itu hanya untuk mencegah meningitis. Sedangkan IPD (Invasive Pneumococcus Desease) adalah untuk mencegah bermacam penyakit yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus Pneumoniae. Penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri jahat ini, antara lain adalah meningitis, pneumonia, infeksi telinga tengah, gangguan pada darah, dan sebagainya.

Meningitis karena Haemophilus Influenza B tidak mematikan. Namun apabila karena Streptococcus Pneumoniae, dampaknya hanya dua, meninggal atau cacat. Cacatnya bisa berupa tuli total.

Harga vaksinnya (IPD) memang mahal, yakni dengan kisaran harga Rp. 750.000- Rp. 1.250.000. Vaksin diberikan pada bayi usia sekitar usia 2 bulan hingga 2 tahun. Kalau bayi belum bisa berjalan, biasanya suntikan diberikan di paha. Kalau anak sudah bisa jalan, suntikan diberikan di pantat supaya tidak terpincang-pincang sesudahnya.

Apabila Anda yakin bisa menjaga daya tahan tubuh anak sampai usia 2 tahun, silakan tidak usah diimunisasi, tidak masalah. Namun apabila Anda tidak yakin, tidak ada salahnya diberi imunisasi.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

This entry was posted on Rabu, 17 Agustus 2011 at 8/17/2011 12:44:00 AM . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar